Konsep Pendidikan Integral
Konsep Pendidikan Integral |
Lembaga pendidikan Hidayatullah memandang penting
kebutuhan akan konsep pendidikan Hidayatullah sebagai konsep pendidikan
integral dan unggul yang akan menjadi arah pendidikannya. Dengan titik
keunggulan pada pembentukan karakter, spirit, visi dan misi, bukan pada
kemewahan sarana semata.
Visi Lembaga Pendidikan Hidayatullah adalah terwujudnya
lembaga pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan unggul, sehingga melahirkan
sumber daya manusia yang siap memikul amanah sebagai hamba Allah dan khalifah
fil ardh. Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan Islam secara
integral dalam aspek ruhiyah, ‘aqliyah dan jismiyah
sehingga dapat menghantar generasi yang beriman, berilmu dan beramal shalih.
Untuk mencapai hasil yang optimal, maka disusunlah Sistem
Pendidikan Integral Hidayatullah, yang terdiri dari: integrasi ilmu, integrasi
sistem, integrasi institusi, sistem asrama dan metode pendidikan Islam (tilawah,
tazkiyah dan ta'limah).
Tilawah merupakan upaya intensif untuk membimbing
seseorang dan menempatkannya di jalan yang benar (shirathal mustaqim) agar ia
bisa sampai pada tujuan (ma’rifatullah) dengan baik. Inilah yang disebut
istiqamah. Istiqomah ini memerlukan keikhlasan.
Tazkiyah merupakan proses pembersihan diri dari hal-hal
yang buruk dan sia-sia, serta menumbuhkan hal-hal yang baik dan berguna agar
seseorang mampu menempuh shirathal mustaqiim dengan lebih mudah. Inilah yang
disebut thuma’ninah. Thuma’ninah ini membutuhkan kesabaran.
Ta’lim merupakan proses pemberian ilmu agar seseorang tidak keluar dari
shirathal mustaqiim. Ilmu adalah cahaya penerang dari Allah (nurullah) bagi
para penempuh sirathal mustaqiim (salik). Ilmu ini memerlukan pemahaman dan
kerendahan hati.
SMA Integral Hidayatullah