Header Ads

Konsep Pendidikan Integral

Konsep Pendidikan Integral

Lembaga pendidikan Hidayatullah memandang penting kebutuhan akan konsep pendidikan Hidayatullah sebagai konsep pendidikan integral dan unggul yang akan menjadi arah pendidikannya. Dengan titik keunggulan pada pembentukan karakter, spirit, visi dan misi, bukan pada kemewahan sarana semata.

Visi Lembaga Pendidikan Hidayatullah adalah terwujudnya lembaga pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan unggul, sehingga melahirkan sumber daya manusia yang siap memikul amanah sebagai hamba Allah dan khalifah fil ardh. Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan Islam secara integral dalam aspek ruhiyah, ‘aqliyah dan jismiyah sehingga dapat menghantar generasi yang beriman, berilmu dan beramal shalih.

Untuk mencapai hasil yang optimal, maka disusunlah Sistem Pendidikan Integral Hidayatullah, yang terdiri dari: integrasi ilmu, integrasi sistem, integrasi institusi, sistem asrama dan metode pendidikan Islam (tilawah, tazkiyah dan ta'limah).

Tilawah merupakan upaya intensif untuk membimbing seseorang dan menempatkannya di jalan yang benar (shirathal mustaqim) agar ia bisa sampai pada tujuan (ma’rifatullah) dengan baik. Inilah yang disebut istiqamah. Istiqomah ini memerlukan keikhlasan.

Tazkiyah merupakan proses pembersihan diri dari hal-hal yang buruk dan sia-sia, serta menumbuhkan hal-hal yang baik dan berguna agar seseorang mampu menempuh shirathal mustaqiim dengan lebih mudah. Inilah yang disebut thuma’ninah. Thuma’ninah ini membutuhkan kesabaran.

Ta’lim merupakan proses pemberian ilmu agar seseorang tidak keluar dari shirathal mustaqiim. Ilmu adalah cahaya penerang dari Allah (nurullah) bagi para penempuh sirathal mustaqiim (salik). Ilmu ini memerlukan pemahaman dan kerendahan hati.

Diberdayakan oleh Blogger.
" Selamat Datang di Website Sekolah Integral Hidayatullah Batam Provinsi Kepulauan Riau Indonesia "